Telkomsel Sedot Pulsa Internet

Telkomsel Sedot Pulsa Internet

Pernah gak sih internetan pake modem komputer dan lupa perpanjang langganan paket internet telkomsel sementara masih ada sisa pulsa di kartu. Begitu di-cek, ternyata pulsa anda sudah habis. Sering sekali telkomsel sedot pulsa internet saya seperti ini.

Sebenarnya bukan salah telkomsel 100% juga sih, karena pulsa yang tersedot digunakan oleh aplikasi2 yang haus bandwidth melalui kuota internet retail (gprs). Terus kalau menggunakan ponsel, akan ada sms notifikasi yang memberi tahu kalau paket internet sudah habis. Tapi kalau menggunakan modem, notifikasi ini tidak terdeteksi. Kenapa ya telkomsel tidak membuat semacam mekanisme yang memutus saluran data secara otomatis begitu paket internet pelanggannya habis?

Cara Mengatasinya

  1. Ganti operator. Pengen banget, tapi kebetulan di daerah saya cuma ini yang bagus sinyalnya. Terlebih kalau melihat iklim monopoli bisnis di negara kita, kayaknya sesuatu hal yang mustahal operator lain bisa bersaing. Jadi inget pernyataan bos salah satu maskapai di Indonesia: “Maskapai Saya Paling Buruk di Dunia, tetapi Anda Tak Punya Pilihan”.
  2. Isi paket internet sebelum kuota habis. Kalo perlu pasang scheduler atau alarm untuk mengingat batas masa kuota internet kita.
  3. Cabut modem sebelum tidur atau pasang aplikasi yang mematikan komputer secara otomatis pada waktu yang diinginkan. Saya pakai PC Sleep.

Cara-cara ini sebenarnya cuma preventif aja sih, bukan solusi. Ini juga masih sering banget lupa dan sisa pulsa langsung habis dalam hitungan jam, bahkan menit. Anda pernah mengalaminya?

Update: Sekarang kalau beli paket data telkomsel yang ada kuota malamnya, istilahnya diganti dari “midnight” menjadi “MDS”. Banyak kejadian ‘aneh’ sejak ada istilah MDS ini.

Paket MDS Telkomsel
Paket MDS Telkomsel

Sisa Paket MDS kini tidak bisa lagi dicek melalui *888# ataupun mobi.telkomsel.com. Jadi, dari sisi pelanggan, kalau paket flashnya habis, seolah-olah semua kuotanya sudah habis, padahal masih ada paket MDS.

Hebatnya si MDS ini, kalau di kartu ada pulsa, maka yang tersedot adalah pulsa anda walaupun anda berinternet pada dini hari dengan maksud menggunakan sisa paket MDS, karena dianggap paket internet anda sudah habis.

Telkomsel Sedot Pulsa Internet
Pesan yang muncul saat flash habis

Skema apalagi ini, Telkomsel?

Bagaimana dengan Anda, pernah mengalami hal yang sama? Tinggalkan komentar dibawah.

Komentar Anda