Pengalaman Berkunjung ke Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Bogor

Berkunjung ke Taman Safari Indonesia (TSI) di Bogor

Ini kedua kalinya kami mengunjungi Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor, Kelihatannya si kecil ingin lagi melihat  binatang yang berkeliaran bebas di sekitarnya. Jadilah kami pada hari minggu pagi sekitar jam 07.00 WIB berangkat menuju Taman Safari.  Jalanan ke arah Bogor terlihat cukup padat. Apalagi pada saat  itu jalan menuju puncak sedang diberlakukan sistem buka tutup, sehingga kami harus sedikit bersabar menunggu jalannya dibuka. Setelah menunggu sekitar 30 menit, jalan dibuka kembali, dan kamipun melanjutkan perjalanan.

Jam buka dan alamat Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia buka setiap hari mulai jam 09.00 WIB sampai dengan Jam 17.00 WIB. Lokasi tepatnya di Jl.Raya Puncak 601 Cisarua, Bogor 16750.

 

Sebelum masuk menuju gerbang Taman safari, banyak sekali pedagang yang menjajakan sayuran, seperti wortel dan pisang, untuk diberikan ke binatang. Wortel dijual seharga Rp10.000,-  per 3 ikat dan pisang seharga Rp10.000,- per sisir.

Gerbang masuk taman safari indonesia
Gerbang masuk

Sekitar pukul 09.30 WIB, kami tiba di Taman Safari Indonesia. Di gerbang, kami membayar tiket seharga Rp150.000,- per orang untuk dewasa dan Rp140.000,- per orang untuk anak- anak.  Kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp15.000,-.  Begitu melewati gerbang masuk, tidak lama kemudian kita bisa langsung melihat satwa-satwa yang ada disini.

Hewan-hewan berkeliaran bebas di Taman safari Indonesia
Hewan-hewan berkeliaran bebas

Hewan pertama yang kami jumpai adalah gajah. Selanjutnya, ada kuda nil, unta, rusa, impala, jerapah,  keledai, badak, zebra,  dan lain-lain. Beberapa ada yang berkeliaran disepanjang jalan, sehingga kita bisa langsung memberi makan dari kaca jendela kendaraan.

Saat itu antrian mobil yang masuk cukup padat, jadi kami harus mengantri untuk memberi makan binatang. Saking banyaknya pengunjung yang memberi makan, satwa-satwa kadang tidak menghiraukan makanan yang kita sodorkan. Di kawasan hewan buas seperti harimau, singa dan macan tutul, kaca jendela mobil wajib ditutup.

Jangan sampai lupa tutup jendela di kawasan hewan buas seperti harimau dan singa
Jangan sampai lupa tutup jendela di kawasan hewan buas seperti harimau dan singa

Setelah itu, kita akan memasuki area parkir dan pertunjukan. Antara tempat pertunjukan yang satu dengan yang lainnya jaraknya cukup jauh, jadi kalau tidak ingin capek pilihannya adalah naik kendaraan pribadi atau naik kereta “Safari Trem”. Kami memilih memarkir kendaraan kami dan berkeliling menonton pertunjukan dengan menggunakan Safari Trem. Tiket Safari Trem dijual seharga Rp 20.000,- per orang. Kereta ini bisa digunakan sepuasnya sepanjang hari. Kereta ini akan berhenti di setiap halte yang dekat dengan tempat pertunjukan.

Fasilitas lengkap di Taman Safar Indonesia
Fasilitas lengkap

Pertunjukan di Taman Safari:

  • Elephants show

  • Dolphins show

dolphin show taman safari

  • Cowboy show

  • Various animal show
  • Tiger show
  • Sea lions show
  • Birds of prey show
  • Globe of death
  • Safari theatre

Tidak semua pertunjukan  bisa kami tonton, karena waktunya tidak cukup. Selain pertunjukan,  terdapat  banyak wahana  dan permainan anak seperti atraksi menunggang unta atau gajah, pusat reptil dan primata, sepeda air, kereta, dan water park.

Pusat reptil, primata dan aquarium
Pusat reptil, primata dan aquarium

Sore sekitar pukul 15.00 WIB kami memutuskan untuk pulang. Itulah pengalaman kami berkunjung ke Taman safari Indonesia, tempat liburan yang sangat menarik terutama anak- anak.

Komentar Anda