Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara: Pameran Bunga di Daerah Puncak

Taman bunga nusantara  merupakan taman pameran tanaman bunga pertama yang terdapat di Indonesia. Ratusan macam bunga tumbuh di taman bunga nusantara ini, mulai dari bunga lokal hingga bunga yang biasanya hanya tumbuh di luar negeri, seperti Amerika, Australia, Asia, Afrika serta Eropa.

Tak ayal, taman bunga nusantara ini menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri.  Selain lingkungan taman yang menawan, udara di area taman bunga nusantara masih segar, dengan suasana tenteram yang jauh dari hingar bingar kehidupan kota.

Sudah lama kami sekeluarga  ingin mengunjungi Taman Bunga Nusantara ini. Namun, karena di akhir pekan jalanan menuju puncak sangat padat, akhirnya rencana kami selalu tertunda. Pernah satu waktu kami balik arah dan urung ke Taman Bunga Nusantara, akibat macetnya jalur menuju puncak ini. Akhirnya, kesempatan itu datang pada satu akhir pekan bulan ramadhan. Biarpun lapar, tapi hati tetap semangat. Jalanan menuju puncak pun lengang.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

 

Taman Bunga Nusantara ini beralamat di jl. Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur 43254, Jawa Barat, telpon (0263)-581617 atau (0262)- 581618. Taman dibuka dari pukul 08.00 s.d.17.00 untuk weekday dan pukul 08.00 sd 17.30 untuk weekend. Tiket masuk seharga Rp40.000,- per orang (umur 3 tahun keatas). Tiket masuk ini sudah termasuk tiket naik Dotto Train. Untuk parkir kendaraan roda empat, kita harus membayar Rp10.000,-.

Dotto Train adalah kereta penumpang yang akan mengantarkan pengunjung berkeliling taman mulai dari gerbang utama sampai ke area wahana bermain anak-anak. Dotto train ini melaju sejam sekali dan pada saat kita membeli tiket masuk, Dotto Train ini biasanya sudah menunggu di depan gerbang utama Taman Bunga Nusantara. Dotto Train melaju dengan pelan dan nyaman. Saat naik dotto train, kita akan mendengar rekaman yang berisi penjelasan tentang  wahana  yang kita lewati serta bunga- bunga yang ada.

Taman yang dilewati Dotto Train

  1. Taman air
  2. Taman mawar
  3. Taman perancis
  4. Taman rahasia atau taman Labirynth
  5. Taman bali
  6. Taman mediterania
  7. Taman palem
  8. Taman gaya jepang
  9. Rumah kaca
  10. Display karpet
  11. Maskot taman bunga nusantara
  12. Menara padang
Salah satu spot Taman Bunga Nusantara
Salah satu spot Taman Bunga Nusantara

Di wahana permainan anak, Dotto Train akan berhenti dan semua penumpang harus turun. Anak-anak bisa memilih wahana permainan yang mereka sukai disini. Harga tiket rata-rata untuk satu wahana permainan adalah Rp20.000,- per orang. Berikut ini berapa wahana permainan anak-anak  yang ada:

Wahana permainan anak-anak

  1. Kuda tunggang
  2. Kereta api rel tunggal
  3. Bumper car
  4. Sepeda air
  5. Bianglala
  6. Dll

Dari area wahana permainan anak ini, kita bisa meneruskan perjalanan melihat taman bunga dengan berjalan kaki, atau kembali menggunakan Dotto Train atau Garden Tram menuju gerbang keluar Taman Bunga Nusantara.

Konsep Taman Bunga Nusantara ini sangat menarik, karena selain sebagai tempat wisata,  taman ini bisa mengedukasi anak-anak akan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dan dunia. Satu hal yang harus diperhatikan saat merencanakan perjalanan kesini adalah arus lalu lintasnya, karena kondisinya yang hampir selalu macet saat weekend. Saran kami, berangkatlah di waktu subuh atau bermalam di puncak sehari sebelumnya supaya tidak banyak waktu yang terbuang percuma.

Komentar Anda