Taman Buah Mekarsari

Berlibur ke Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia (Wikipedia). Selain kebun buah-buahan, tempat wisata ini juga memiliki peternakan kecil dengan rumah hobbit, teater 3D, dan wahana permainan.

Lokasi Taman Buah Mekarsari

 

Taman Buah Mekarsari beralamat di Jalan Raya Jonggol KM 3, Mekarsari , Cileungsi, Bogor (Telp 021-8231811). Kami datang pada hari Sabtu sekitar pukul 12 siang, dan loket masuk kendaraan tampak sangat lengang saat itu. Tarif parkir sebesar Rp20.000,00 (mobil) dan Rp10.000,00 (motor).

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk taman buah  Mekarsari Rp25.000,00 per orang (Hanya tiket masuk saja). Kalau mau lebih hemat, tersedia tiket belimbing  seharga Rp43.000,00 yang sudah termasuk tiket masuk, kereta wisata (mengelilingi sebagian kebun buah), dan perahu naga. Ada juga tiket Manggis seharga Rp83.000,00 per orang yang sudah termasuk tiket masuk, kereta wisata (keliling seluruh kebun dan memetik buah), dan perahu naga.

Tidak jauh dari gerbang masuk, ada kebun sayuran dan peternakan kecil. Di sini pengunjung bisa melihat beberapa hewan seperti kambing, kelinci, kura-kura, landak dan kuda poni. Anak-anak yang ingin menunggang kuda poni harus membeli karcis seharga Rp15.000,00 untuk satu putaran. Ada rumah hobbit juga yang cukup menarik untuk dijadikan latar foto.

Di area kebun ini terdapat banyak gazebo kecil, jadi pengunjung bisa istirahat dan makan di sini. Tersedia mushola yang besar dan bersih tidak jauh dari pintu masuk/keluar kebun.

Wisata Kereta

Kami melanjutkan perjalanan ke kebun buah dengan menggunakan kereta wisata. Karena tiket kami hanya tiket belimbing, kereta kami hanya mengitari sebagian kebun dan kami tidak bisa memetik buah. Meskipun demikian, kereta berhenti di perkebunan buah bisbul, dan pengunjung dipersilahkan menyicip potongan buah bisbul yang telah disediakan. Aroma buah bisbul ini mungkin mirip buah peach, namun jauh lebih hambar dan kering.

Pemberhentian kami yang selanjutnya adalah di sebuah danau yang besar. Ada berbagai permainan air yang bisa dinikmati pengunjung di sini. Jika membeli tiket terusan, tiket perahu naga bisa ditebus di sini. Karcis permainan water bike bisa ditebus seharga Rp25.000,00 per 30 menit, dan sewa otoped anak-anak seharga Rp15.000,00 per 30 menit. Selain itu, ada permainan yang lain seperti wahana outbound, kids fun valley, banana boat, giant bubble, sepeda dan ATV.

Suasana wisata kereta dan danau di Taman Buah Mekarsari
Suasana wisata kereta dan danau

Banyak penjual makanan ringan disini. Kami membeli beberapa macam buah di tukang buah yang ada disini, karena penasaran dengan buah yang ditanam di taman buah ini. Setelah bertanya ke tukang buah, ternyata buah-buahan yang dijual berasal dari luar taman buah Mekarsari.

Galeri Foto

Tempat wisata lain di daerah Bogor dan sekitarnya adalah Taman Bunga NusantaraTaman Safari Indonesia, dan Taman Melrimba.

Komentar Anda