Pap Smear Gratis 2016 di Prodia bagi Wanita Peserta BPJS

Pap Smear Gratis 2016 di Prodia bagi Wanita Peserta BPJS

Kabar gembira buat para wanita peserta BPJS yang belum melakukan pemeriksaan Pap Smear. Buruan datang ke laboratorium Prodia pada cabang-cabang tertentu di Jakarta, karena menurut info program ini terbatas untuk 2000 orang sampai dengan 30 November 2016. Ingat ya, pap smear itu penting untuk deteksi dini kanker leher rahim bagi wanita yang aktif berhubungan seksual/sudah menikah dan melahirkan. Kanker serviks atau kanker leher rahim menjadi salah satu jenis kanker terbanyak membunuh wanita, terutama di negara berkembang  (sumber: www.ummi-online.com).  Namun, masih banyak wanita yang tidak rutin melakukan pemeriksaan pap smear.

Pap Smear Gratis 2016 di Prodia bagi Wanita Peserta BPJS pap smear gratis prodia

Saya sendiri terakhir kali melakukan pemeriksaan pap smear sekitar kurang lebih 3 tahun yang lalu. Awalnya saya datang ke salah satu cabang Prodia di Depok, dengan maksud melakukan pemeriksaan pap smear. Biaya pap smear di Prodia Depok ini sebesar Rp 420.000,-. Petugasnya menyampaikan, jika ingin menggunakan BPJS, tahun ini Prodia sedang ada program kerjasama untuk pemeriksaan papsmear secara gratis, namun hanya berlaku di wilayah tertentu. Untuk wilayah Depok, bisa datang ke Prodia Kampung Melayu, Sunter, Kelapa Gading dan Pluit. Yang paling dekat dari Depok yaitu Prodia Kampung Melayu yang beralamat Jl. KH. AbdullahSyafi’ie RT.1/RW.3 Kb baru, Tebet, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12830.

Seminggu sebelum kedatangan saya menelepon Prodia Kampung Melayu (No Telp 021-8308055), dan menurut petugasnya memang ada program pap smear gratis. Kita hanya perlu membawa KTP asli dan kartu BPJS asli. Saya datang sesuai waktu yang dijanjikan. Setelah datang ke Prodia Kampung Melayu ternyata alatnya sedang habis, agak sedikit kecewa juga sih. Namun Kemudian petugas dari Prodia Kampung Melayu menyarankan untuk pap smear di Prodia kelapa Gading. Sebelumnya petugas dari Prodia kampung Melayu menelepon Prodia Kelapa Gading (No Telp 021-4522148) untuk memastikan alat dan kuotanya masih ada. Setelah di telpon, di Prodia Kelapa Gading alatnya tersedia.

Suasana di Prodia Kelapa Gading
Suasana di Prodia Kelapa Gading

Di hari yang sama saya langsung meluncur ke Prodia Kelapa Gading yang beralamat di Jl. Boulevard Raya Blok H4 No. 15 DKI Jakarta14240 (kalau carinya di google map, namanya adalah PT. Prodia Widya Husada). Tiba di Prodia Kelapa Gading pukul 09.30 WIB dan mendapat antrian No.7. Saat itu pasiennya tidak terlalu banyak dan untuk pap smear dengan BPJS antriannya sepertinya dipisah. Pap smear prosesnya sederhana dan cepat, hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit saja. Saat pap smear saya tidak merasakan sakit, hanya saja sedikit tidak nyaman. Hasil pemeriksaannya bisa di ambil setelah 7 hari kerja. Saran saya, jika ingin pap smear dengan BPJS  di Prodia, sebaiknya telpon dahulu cabang Prodia yang dituju satu hari sebelumnya, untuk memastikan ada atau tidaknya alat dan kuota pemeriksaan gratis. Untuk Prodia wilayah lain diluar Jakarta, infonya bisa dilihat disini.

Tempat bermain anak di Prodia Kelapa Gading
Ada tempat bermain anaknya

Yang perlu diketahui tentang Pap Smear

Pap smear merupakan pemeriksaan yang menggunakan sampel swab vagina untuk melihat adanya perubahan morfologi (bentuk dan fungsi) sel- sel leher Rahim, dengan teknik pewarnaan papanicolau, kemudian di awasi dibawah mikroskop. Manfaat pap smear adalah untuk screening kanker leher Rahim atau serviks.

Pada dasarnya pap smear harus dilakukan bagi wanita usia di atas 21 tahun yang telah aktif berhubungan seksual atau sudah menikah. Para ahli menyarankan para wanita untuk pap smear 3 tahun sekali (sumber: everydayhealth.com). Dengan rutin menjalani pap smear, bisa mencegah kanker serviks. Kalaupun jika terdeteksi sel- sel yang bersifat kanker, dokter dapat menanganinya lebih dini agar sel tersebut tidak bekembang menjadi ganas.

Adapun syarat- syarat yang harus diperhatikan sebelum pap smear, agar hasil pemeriksaan akurat diantaranya adalah:

  • Sudah menikah/pernah berhubungan seksual;
  • Tidak sedang menstruasi, minimal setelah 7 hari  terakhir haid, paling baik 14 hari setelah hari pertama haid terakhir;
  • Menghindari penggunaan tampon vagina, pembersih vagina dengan sabun, krim  atau penyemprotan larutan atau obat melalui vagina 2 hari sebelum pemeriksaan;
  • Tidak berhubungan seksual 2 hari sebelum pemeriksaan.

Silakan share artikel ini, atau tinggalkan komentar Anda dibawah.

Komentar Anda