Mengurus Balik Nama BPKB

Mengurus Balik Nama BPKB ke Polda Metro Jaya

Artikel ini merupakan lanjutan proses balik nama kendaraan bermotor. Setelah sebelumnya  mengurus STNK dan pelat nomor baru  ke kantor  SAMSAT setempat, langkah selanjutnya adalah mengurus BPKB ke Polda. Kebetulan pelat kendaaran kami masuk ke wilayah kerja Polda Metro Jaya.

Lokasi Polda Metro Jaya

 

Polda Metro Jaya beralamat di Jl.Jendral Sudirman kav.55 Jakarta Selatan 12190 Indonesia.

Kelengkapan Dokumen

  • BPKB asli, yang akan dibalik nama
  • Fotocopy STNK baru 1 lembar
  • Fotocopy KTP pemilik baru
  • Fotocopy kwitansi pembelian mobil/motor
  • Fotocopy hasil cek fisik
  • Fotocopy BPKB asli

Saya mendatangi  Polda Metro Jaya di hari Sabtu, pukul 09.00 WIB, karena sepengetahuan saya  pada saat itu adalah kalau jam kerja Polda Metro Jaya di hari Sabtu dimulai dari pukul 08.00 WIB s.d. 12.00 WIB. Ketika  tiba di Polda, seorang petugas memberitahu bahwa  nomor  antrian untuk hari itu telah habis. Ternyata, untuk pengurusan BPKP harus mengambil nomor antrian yang dijatah per harinya. Nomor antrian dapat diambil mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 07.30 WIB untuk hari Sabtu.  Akhirnya, saya terpaksa pulang dengan perasaan kecewa.

Mendapatkan nomor antrian

Suasana antrian loket pendaftaran perubahan BPKB pada saat Mengurus Balik Nama BPKB di Polda Metro Jaya
Suasana antrian loket pendaftaran perubahan BPKB

Hari Kamis depannya saya datang lagi ke Polda Metro jaya, dan tiba di sana pada pukul 06.30 WIB. Pada saat itu sudah banyak orang yang datang. Setelah memasuki ruang tunggu, saya dipersilahkan duduk. Yang datang terlebih dahulu dipersilahkan duduk menempati kursi paling depan, karena nantinya akan dibagikan nomor antrian  sesuai dengan urutan tempat duduk. Pada pukul 07.00 WIB, petugas mulai membagikan nomor antrian. Pengurusan BPKB yang diwakilkan kepada orang lain diwajibkan membawa surat kuasa, dan nomor antriannya mendapatkan prioritas terakhir.

Pengambilan formulir

Setelah mendapatkan nomor antrian, saya berjalan menuju meja formulir, yang berada tepat  di depan kursi antrian. Formulir tersebut tidak perlu diisi, melainkan diserahkan langsung ke petugas bersama berkas yang kita bawa. Petugas akan menginput dan mencetak data kita.

Membayar biaya BPKB di loket Bank BRI

Suasana antrian loket pembayaran bank BRI saat Mengurus Balik Nama BPKB di Polda Metro Jaya
Suasana antrian loket pembayaran bank BRI

Loket bank BRI berada paling ujung sebelah kiri, masih di ruangan yang sama. Loket pembayaran mulai dibuka pukul 07.30 WIB. Pembayaran biaya BPKB tidak menggunakan nomor antrian. Jika seseorang sudah mengisi slip pembayaran dan menyiapkan uang pas, maka sudah bisa antri di loket pembayaran. Disini sangat disarankan untuk membawa pulpen sendiri.

Biaya BPKB motor dikenakan Rp 80.000,00 sedangkan untuk mobil sebesar Rp 100.000,00 (Update: kemungkinan besar biayanya sudah berubah sekarang, Beberapa pembaca di kolom komentar melaporkan biaya balik nama sudah diatas 300rb). Setelah melakukan pembayaran, kita akan diberikan stiker sebagai bukti pembayaran. Stiker ditempel di formulir pendaftaran bagian kanan (di bagian yang kosong di atas kolom tanda tangan).

Pendaftaran BPKB

Langkah terakhir adalah menyerahkan semua berkas ke loket pendaftaran. Loket pendaftaran ini berada tepat di sebelah kanan loket bank BRI. Di sini, kita tinggal duduk dan menunggu panggilan sesuai nomor antrian. Di loket, petugas akan memberikan surat pengambilan BPKB. Pengambilan BPKB dapat dilakukan kurang lebih 2 minggu sejak menerima surat pengambilan BPKB ini.

Demikian pengalaman saya mengurus balik nama BPKB  sendiri. Semua proses berlangsung kurang dari 2 jam (pukul 06.30 s.d. pukul 08.20 WIB). Semoga bermanfaat.

98 thoughts on “Mengurus Balik Nama BPKB ke Polda Metro Jaya”

  1. Maaf mas mau tanya , kalau balik nama STNK dan plat baru itu ke Samsat ya ,?
    Terus kita harus bawa kendaraan motornya apa enggak mas ,?
    Maaf baru pertama kali soalnya

  2. Permisi gan mau tanya klw di bpkb belom ada penulisan atau penjelasan dari polda metro gimana ya ngurusnya.mslhnya wktu itu mobil pindah daerah sm ganti pemilik dari polda sumsel ke polda metro di bpkb cmn ada penjelasan dan stempel dari polda sumsel sedangkan yg dari polda metro belum ada.cmn stnk sudh nopol yg terbaru dan alamatnya juga udh yg terbaru.mohon infonya mksh

  3. Pak mau tanya, kalo saya ktp jogja punya motor plat jakarta selatan, mau balik nama ke jogja gimana caranya? Dan biayanya kira-kira brapa? Thx

    1. Cabut dulu plat Jakarta, pengurusannya di samsat jakarta selatan, baru setelah itu balik nama di Yogya. Maaf biayanya kami kurang tahu.

    2. Minggu kemarin saya baru balik nama…cabut berkas dulu di kendaraan asalnya nanti prosesnya tanya aja nanti dipandu..Emang perlu kesabaran dan waktu.soal biaya klu tdk ada tungakan mungkin kurang lebih 500 rb .jadi sekarang ngurus data2…nanti kita disuruh datang lg untuk ambil berkasnya

  4. Halo saya mau tanya. STNK saya atas nama ayah. Kemaren saya sudah rubah STNK ke alamat sesuai KTP baru ayah. Sudah disiapkan juga dari Polda berkas/fotokopian untuk mengurus pindah alamat BPKB. Kan ini bukan ganti kepemilikan, hanya alamat, Apa harus pakai surat kuasa juga?

    1. Sebenarnya kami belum pernah mengurus ganti alamat. Untuk berjaga supaya tidak bolak balik, ada baiknya Anda buat surat kuasa saja, karena di STNK tertera nama ayah, bukan nama orang yang melakukan pengurusan dokumen.

  5. Pagi pak, saya mau tanya. Biaya total balik namanya benar cuma 80rb? Saya sedang balik nama sepeda motor di samsat cinere, mereka menawarkan balik nama BPKB di Polda dg biaya 350rb. Jauh sekali bedanya

    1. Biaya 80rb itu berlaku saat artikel ini ditulis sekitar bulan Juli 2017. Beberapa pembaca di sini memang melaporkan biaya balik nama sudah diatas 300rb. Maaf kalau biaya ril saat ini tidak kami update.

      1. Klo utk awal january nanti biaya balik nama kendaraan roda 4 brp ya pak? Bisa bantu kalkulasiin ga pak . Pajak mobil saya telat 2thn. Platnya jg hbs. Sekalian balik nama. It kira2 hbs brp y? Pajak mati 26 nov 2016 . Plat 26 nov 2017. PKB di STNK it 1,350.000 an lbh kurang.

        1. Mohon maaf kami tidak tahu update biaya balik nama kendaraan yang terbaru. Beberapa pembaca di kolom komentar bilang kalau biayanya sudah diatas 300 ribu rupiah.

      2. Sore mas, mau tanya. Kalo stnk balik nama kita sudah jadi pada bulan maret lalu, namun bpkb belum diurus untuk balik nama. Apakah pada tahun ini masih bisa diurus? Apakah ada biaya tambahan karena waktu yg terlalu lama?

  6. Mlm pak. Pak saya mau nanya saya uda blk nm stnk mnggu karin ini tggl bpkb nya nama yg atas nm orng tua saya trs yg ngurus saya apa hrs ttp pke surat kuasa mksh

    1. Setahu kami, pengambilan BPKB bisa diwakilkan tanpa menggunakan surat kuasa. Tunjukkan FC KTP pemilik, FC STNK ,dan surat tanda pengambilan BPKB.

        1. Saya mau update sedikit, kebetulan tanggal 23 Desember kemarin saya mengurus BPKB balik nama di Polda Metro Jaya. Datang pagi jam 7, jam 0930 BPKB sudah bisa diambil, tidak perlu datang di hari lain. Untuk yang diurus bukan langsung oleh pemiliknya, harus pakai surat kuasa

          1. Saya ada rencana bsok mau urus k polda metro jga, persyaratan fc cek fisik sama fc kwitansi pembelian nya ga ada (sudah d serahkan saat balik nama stnk) itu gmna ya?

          2. Berdasarkan pengalaman saya, setelah cek fisik di samsat, petugas akan menyuruh kita untuk fotokopi lembar cek fisik 1 lembar untuk dibawa ketika mengurus BPKB. Lembar cek fisik yang asli diserahkan kembali ke petugas samsat. Jika fotokopi cek fisik tidak ada, sebaiknya Anda minta lagi ke kantor samsat setempat atau cek fisik ulang. Untuk kwitansi, sepertinya Anda harus buat kwitansi baru atau kopi dari kuitansi asli yang anda serahkan di kantor samsat. Saya sendiri waktu itu fotokopi dokumen di tukang fotokopi kantor samsatnya, jadi semua dokumen yang perlu difotokopi sudah otomatis dikopikan oleh tukangnya.

        1. Kalau mau bayar pajak, cek fisik dilakukan di kantor samsat wilayah sesuai dengan alamat yang tertera di STNK. Kalau mau balik nama STNK sesuai dengan nama dan alamat di KTP Anda, cek fisik dilakukan di kantor samsat wilayah sesuai dengan alamat yang tertera di KTP Anda. Setelah STNK jadi, baru bisa urus balik nama BPKB ke polda metro jaya.

  7. Mas mau tanya sy mau urus rubah alamat bpkb motor punya suami saya.krn ada pemekaran rw. Stnk sih sdh betul alamatnya.
    1 syarat dan biayanya berapa ya untuk rubah alamat bpkb mtr?
    2.Apakah mesti dipolda untuk rubah rw bpkb nya?
    3.kita bayar pajak mtr dl lalu urus bpkb atau gimana ya? Krn ada yg bilang kl alamat rw ga dirubah bakal ditolak pas bayar pajak nya(miss komunikasi nih)
    Sekiranya bs dijawab.
    Terimakasih

    1. Kami belum pernah mengurus perubahan alamat, tapi sepertinya di Polda juga karena BPKB di terbitkan disana. Kalau pajaknya belum habis, sebaiknya urus perubahan alamat dulu, baru bayar pajak.

    2. Pengalman saya utk ubah alamat stnk n bpkb yg beda sama alamat ktp (yg saya urus bulan desember 2017):
      1. Urus ubah alamat stnk dulu di samsat(saya sekalian bayar pajak krna telat). Seharusnya bulan oktober jatuh tempo bayar pajak. Karna beda alamat stnk dan bpkb dgn alamat ktp, saya disuruh utk ubah terlebih dahulu. Berhubung bpkb di jaminkan mau tdk mau saya tunggu sampai bpkb kembali ke saya.
      2. Setelah alamat stnk dan ktp sama, saya ke polda. Disini alamat saya diubah. Sebenarnya cuma beda RT saja. Saya tdk dikenakan biaya. Bpkb bisa saya ambil kmbl di bln januari

  8. Misi gan numpang nanya klo mau perubahan alamat di bpkb bikinnya di polda metro jaya juga kan ya? Alamatnya yang dimana ya ? Pertama kalinya ngurus sendiri jd awam banget .. Thx before

    1. Kami belum pernah mengurus perubahan alamat. Setahu kami, kalau ubah alamat BPKB harus mengurus penyesuaian alamat STNK dulu di samsat setempat. Setelah itu baru urus perubahan alamat BPKB di Polda Metro Jaya (alamat lengkap bisa lihat di artikel).

    1. Maaf baru bisa balas pesannya. Setelah memasukkan berkas, biasanya diberikan selembar kertas bukti pengambilan yang di dalamnya tertera jelas tanggal pengambilan (sekitar 7-14 hari kalender, saya agak lupa). Pengambilan BPKB di lantai 2.

  9. Untuk jam operasional Polda metro jaya hari Sabtu Minggu apa masih menerima layanan ?.
    Soalnya saya di suruh minta surat rujukan dari Polda untuk Samsat Cikarang karena STNK saya hilang, terimakasih

  10. Mas kemarin saya urus balik nama pakai biro jasa, tapi pas suruh skalian bpkb dia ga mau, trus ga ngasih fotocopi cek fisik sama kwitansi itu gimana, apa saya cek fisik lagi

    1. Kami belum pernah mengalaminya. Tapi setahu kami biasanya petugas di samsat setempat akan menyuruh kita fotokopi lembar hasil cek fisik, karena itu salah satu syarat yang harus dibawa saat mengurus BPKB di Polda. Lembar hasil cek fisik asli akan disimpan oleh petugas samsat. Kalau fotokopi cek fisik tidak ada, maka sebaiknya Anda ke samsat lagi minta berkas aslinya untuk difotokopi, atau cek fisik ulang.

  11. Maaf mas ari saya mau tanya nih.saya kan balik nama stnk dari bulan september tapi sampai sekarang belum sempat balik nama bpkb,rencana bulan ini .apa fc surat cek fisik yg dibuat dri september masih berlaku

    1. Maaf, saya bukan Ari. Saya bantu jawab ya. Urutannya cek fisik kendaraan dan urus STNK di samsat setempat. Setelah STNK jadi, baru urus BPKB ke Polda. Dokumen cek fisik sepertinya masih berlaku.

  12. Mas mau tanya ni…saya beli motor seken cuma ada bpkb aja serta surat kehilgan dari kepolisin pemilik 2.dibpkb cuma ada faktur pembelian
    Rencana mau balik nama dan ganti plat baru..apakah bs lgsg di proses klo saya hanya mencantumkan syarat seperti ktp.bpkb dan surat kehilangan yg sudah expired..mohon dijelaskn mas terima kasih

      1. Kalau untuk surat kehilangannya bagaimana mas…ada info dari teman saya kalau sudah expired tidak bs di gunakan lagi atau membuat laporan kembali ke kantor polisi pertama kembali membuat laporan tsb.
        Dan satu satu lagi mas…kalau tidak ada kuitansi pembelian apakah bs di proses..
        Sedangkan di bpkb hanya ada faktu dan sertifikat jenis motor..
        Mohon di jelaskan kembali mas…saya bingung mas

    1. Bantu solusi saya kemarin pakai biro jasa kena 2,2jt pajak mati 2th stnk hilang sekalian balik nama, cuma yaitu bpkb suruh urus sendiri

    1. 80 ribu itu berlaku pada saat artikel ini ditulis. Biaya saat ini kemungkinan besar sudah naik sesuai dengan pengalaman beberapa pembaca yang men-share pengalaman mereka di kolom komentar. Mohon maaf belum bisa update biaya sebenarnya.

  13. Saya tinggal ngambil bpkb baru cmn skitar satubulan yg lalu saya balik nama blm sempet saya ambil bpkb nya rencana mau saya ambil mggu ini kira2 kna denda nggk ya..???

    1. Tidak ada denda setahu saya, tapi mungkin nanti agak lama antrinya karena petugasnya harus mencari-cari lagi di tumpukan kalau dokumennya tidak diambil sesuai jadwal pengambilan.

  14. Mas ari, ktp itu ktp pemilik baru kan ya atau harus ktp pemilik sebelumnya Dibawa juga? Saya kebetulan mengurus bpkb an saya sendiri

    1. BPKB diperlukan untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, jadi sebaiknya diurus sebelum masa pembayaran pajak tahunan tersebut berakhir. Setahu kami tidak ada dendanya.

  15. Saya 2 mnggu yg lalu ngurus bpkb punya kaka..biaya yg tadinya 80rb sudah naik menjadi 225..tetep bayar di bank..trus kalo mau ngurus selain atas nama sendiri biasanya menggunakan surat kuasa..harus diketik dan bermaterai 6rb..datang pagi2 sekali..jm setengah 8 selesai apel yg pake surat kuasa suruh baris terpisah..didata sama petugas…apabila petugas pencatat sudah selesai brarti pengurusan bpkb dgn surat kuasa ditutup…paling telat jm setengah 9 juga udh ditutup khusus yg pake surat kuasa..dan jadinya sekitar 2 atau 3 minggu. Lebih baik ngurus atas nama sendiri..prosesnya cepet..ga harus dtg pagi2 krna antrian yg atas nama sendiri dibuka sampe siang..
    Mudh2an bermanfaat..

      1. Sebelumnya stnk sayaa hilang tp udah beres semua tinggal ngurus ke polda..mau tanya kena biaya berapa yaa kalo ngurus ganti alamat bpkb??? Thnks

Komentar Anda