Mengurus Balik Nama BPKB

Mengurus Balik Nama BPKB ke Polda Metro Jaya

Artikel ini merupakan lanjutan proses balik nama kendaraan bermotor. Setelah sebelumnya  mengurus STNK dan pelat nomor baru  ke kantor  SAMSAT setempat, langkah selanjutnya adalah mengurus BPKB ke Polda. Kebetulan pelat kendaaran kami masuk ke wilayah kerja Polda Metro Jaya.

Lokasi Polda Metro Jaya

 

Polda Metro Jaya beralamat di Jl.Jendral Sudirman kav.55 Jakarta Selatan 12190 Indonesia.

Kelengkapan Dokumen

  • BPKB asli, yang akan dibalik nama
  • Fotocopy STNK baru 1 lembar
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy kwitansi pembelian mobil/motor
  • Fotocopy hasil cek fisik
  • Fotocopy BPKB

Saya mendatangi  Polda Metro Jaya di hari Sabtu, pukul 09.00 WIB, karena sepengetahuan saya  pada saat itu adalah kalau jam kerja Polda Metro Jaya di hari Sabtu dimulai dari pukul 08.00 WIB s.d. 12.00 WIB. Ketika  tiba di Polda, seorang petugas memberitahu bahwa  nomor  antrian untuk hari itu telah habis. Ternyata, untuk pengurusan BPKP harus mengambil nomor antrian yang dijatah per harinya. Nomor antrian dapat diambil mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 07.30 WIB untuk hari Sabtu.  Akhirnya, saya terpaksa pulang dengan perasaan kecewa.

Mendapatkan nomor antrian

Suasana antrian loket pendaftaran perubahan BPKB pada saat Mengurus Balik Nama BPKB di Polda Metro Jaya
Suasana antrian loket pendaftaran perubahan BPKB

Hari Kamis depannya saya datang lagi ke Polda Metro jaya, dan tiba di sana pada pukul 06.30 WIB. Pada saat itu sudah banyak orang yang datang. Setelah memasuki ruang tunggu, saya dipersilahkan duduk. Yang datang terlebih dahulu dipersilahkan duduk menempati kursi paling depan, karena nantinya akan dibagikan nomor antrian  sesuai dengan urutan tempat duduk. Pada pukul 07.00 WIB, petugas mulai membagikan nomor antrian. Pengurusan BPKB yang diwakilkan kepada orang lain diwajibkan membawa surat kuasa, dan nomor antriannya mendapatkan prioritas terakhir.

Pengambilan formulir

Setelah mendapatkan nomor antrian, saya berjalan menuju meja formulir, yang berada tepat  di depan kursi antrian. Formulir tersebut tidak perlu diisi, melainkan diserahkan langsung ke petugas bersama berkas yang kita bawa. Petugas akan menginput dan mencetak data kita.

Membayar biaya BPKB di loket Bank BRI

Suasana antrian loket pembayaran bank BRI saat Mengurus Balik Nama BPKB di Polda Metro Jaya
Suasana antrian loket pembayaran bank BRI

Loket bank BRI berada paling ujung sebelah kiri, masih di ruangan yang sama. Loket pembayaran mulai dibuka pukul 07.30 WIB. Pembayaran biaya BPKB tidak menggunakan nomor antrian. Jika seseorang sudah mengisi slip pembayaran dan menyiapkan uang pas, maka sudah bisa antri di loket pembayaran. Disini sangat disarankan untuk membawa pulpen sendiri.

Biaya BPKB motor dikenakan Rp 80.000,00 sedangkan untuk mobil sebesar Rp 100.000,00. Setelah melakukan pembayaran, kita akan diberikan stiker sebagai bukti pembayaran. Stiker ditempel di formulir pendaftaran bagian kanan (di bagian yang kosong di atas kolom tanda tangan).

Pendaftaran BPKB

Langkah terakhir adalah menyerahkan semua berkas ke loket pendaftaran. Loket pendaftaran ini berada tepat di sebelah kanan loket bank BRI. Di sini, kita tinggal duduk dan menunggu panggilan sesuai nomor antrian. Di loket, petugas akan memberikan surat pengambilan BPKB. Pengambilan BPKB dapat dilakukan kurang lebih 2 minggu sejak menerima surat pengambilan BPKB ini.

Demikian pengalaman saya mengurus balik nama BPKB  sendiri. Semua proses berlangsung kurang dari 2 jam (pukul 06.30 s.d. pukul 08.20 WIB). Semoga bermanfaat.

Komentar Anda