Istana Cipanas

Kunjungan ke Istana Cipanas Yang Menenangkan

Buat yang senang dengan wisata sejarah, mampirlah ke Istana Cipanas. Anda bisa melihat bangunan-bangunan tua dan koleksi bersejarah di dalamnya. Menyusuri jalan setapak dengan taman yang luas dan teduh terasa sangat menenangkan.

Lokasi Istana Cipanas

 

Salah satu paviliun di Istana Cipanas
Salah satu paviliun di Istana Cipanas

Istana Cipanas yang merupakan Istana Kepresidenan, terletak di kaki Gunung Gede, Jawa Barat. Tepatnya lebih kurang 103 km dari Jakarta ke arah Bandung melalui Puncak. Istana ini terletak di Desa Cipanas, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Luas areal kompleks istana ini lebih kurang 26 hektare, namun sampai saat ini hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. (Sumber: Wikipedia)

Taman yang sejuk

Taman di Istana Cipanas

Taman sejuk di Istana Cipanas

Koleksi bersejarah

Koleksi bersejarah di Istana Cipanas

Koleksi bersejarah di Istana Cipanas

Lukisan “Ajaib”

Ada sebuah lukisan di salah satu paviliun yang cukup menarik. Jika dilihat sepintas, memang lukisan ini hanya menggambarkan sebuah jalan setapak dengan deretan pohon-pohon di pinggirnya. Jika dilihat dari sisi kiri, lukisan akan memperlihatkan ujung atas jalan setapak yang mengarah ke kanan. Namun, jika dilihat dari sisi kanan, ujung atas jalan setapak terlihat seolah-olah mengarah ke kiri.

Lukisan dilihat dari sisi kiri
Lukisan dilihat dari sisi kanan

Kunjungan ke Istana ini terbuka untuk umum setiap hari kerja Senin s.d. Kamis pukul 09.00-14.00 WIB, khusus untuk hari Jum’at pukul 09.00 s.d. 11.00 dan 14.00 s.d. 16.00 WIB. Perlu diingat, kunjungan harus dilengkapi surat permohonan yang dikirim beberapa hari sebelumnya. Ketentuan selengkapnya dapat dilihat di sini.

Komentar Anda