Kebun Binatang Ragunan

Melihat Satwa Liar di Kebun Binatang Ragunan

Kalau tinggal di wilayah Jabodetabek, tentu tidak asing lagi dengan kebun binatang Ragunan. Kebun binatang pertama di Indonesia ini selalu penuh didatangi pengunjung terutama pada akhir pekan, hari libur nasional dan masa-masa liburan sekolah. Selain menarik, tiket masuknya juga sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Lokasi Kebun Binatang Ragunan

 

Kebun Binatang seluas 140 hektare ini  terletak di Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan (Wikipedia). Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk hanya Rp4.000,00 untuk orang dewasa dan Rp3.000,00 untuk anak-anak. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu Jakcard. Kartu perdananya bisa dibeli di loket dengan harga Rp30.000,00 (nominal Rp20.000,00) dan Rp60.000,00 (nominal Rp50.000,00).

Kartu Jakcard untuk masuk Kebun Binatang Ragunan
Kartu Jakcard

Area kebun binatang sangat luas, dan satu-satunya cara menyusuri kandang-kandang hewan adalah dengan berjalan kaki. Kereta mobil dengan tarif Rp7.500,00 per orang hanya mengantarkan pengunjung bekeliling kebun binatang dan kemudian kembali lagi ke titik semula. Toilet dan mushola tersedia di beberapa tempat.

Harap diingat kalau mengunjungi kebun binatang pada akhir pekan atau hari libur hampir bisa dipastikan pengunjungnya membludak. Jalan masuk macet, begitupun jalan keluarnya. Sangat disayangkan koleksi hewan kurang banyak, kadang kandang hanya diisi satu atau dua hewan saja. Asyiknya, pengunjung bisa membawa makanan sendiri dan berpiknik ria.

Galeri  Foto

Tempat wisata lain di Jakarta yang bisa Anda datangi bersama keluarga diantaranya adalah Pantai Ancol dan Kota Tua Jakarta.

Komentar Anda