Curug Cilember

Air Terjun Mini Curug Cilember di Kawasan Puncak Bogor

Curug Cilember atau Curug 7 Cilember merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Puncak, Bogor.  Di sini, pengunjung bisa membawa keluarga untuk bermain air sambil merasakan udara yang sejuk di bawah pepohonan yang tinggi dan rindang.

Lokasi Curug Cilember

 

Lokasi Curug Cilember ada di Jalan Cisarua, Kilometer 10, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Bagi pengguna Google Maps, harap berhati-hati karena kadang kita diarahkan ke lokasi yang berbeda. Saya sendiri belok tepat sebelum Restoran Pizza Hut di Puncak Pafesta.

Mulai dari sini, akses jalannya sempit. Jika dua mobil saling berpapasan, maka tidak jarang salah satunya harus mundur untuk mencari bagian jalan yang lebih lebar supaya keduanya bisa lewat. Dengan kondisi demikian, warga setempat banyak yang turut membantu mengatur arus kendaraan. Siapkan uang kecil yang banyak.

Tiket Masuk

Parkir kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp.10.000,00. Di loket masuk, pengunjung harus membayar tiket Rp6.000,00 per orang. Dari sini, pengunjung harus berjalan kaki agak menanjak sekitar satu kilometer untuk mencapai Curug 7 Cilember.

Di tengah-tengah perjalanan, kita akan menemukan sekumpulan kios-kios pedagang yang menjajakan makanan, minuman dan souvenir. Tak jauh dari kios-kios tersebut, ada sebuah taman kupu-kupu yang berbentuk kubah tertutup. Cukup menarik, walaupun hanya ada beberapa kupu-kupu kecil saat itu.

Dari taman kupu-kupu, pengunjung hanya tinggal berjalan beberapa ratus meter lagi melewati hutan pinus. Di air terjun Curug 7 ini, kita bisa bermain air atau sekedar mencelupkan kaki. Tersedia tempat bilas tak jauh dari situ. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, disediakan penginapan/pondok kayu atau camping ground.

Suasana Curug Cilember
Suasana Curug Cilember

Kejadian yang kurang mengenakkan terjadi saat kami pulang. Seorang penjaga parkir meminta uang jasa lap kaca mobil Rp15.000,00, padahal kami tidak menyuruhnya untuk mengelap kaca mobil. Tak mau banyak masalah, saya berikan saja uang Rp5.000,00, dan langsung pergi.

Galeri Foto

Di kawasan puncak, Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata yang lain seperti Taman Bunga NusantaraTaman Safari, dan Taman Melrimba.

Komentar Anda