By Gunawan Kartapranata - Own work, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=18528238

Belajar Astronomi ke Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta merupakan sarana wisata pendidikan yang menyajikan pertunjukan berupa simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Pengunjung diajak seolah-olah  mengembara ke alam semesta dengan tujuan untuk memahami konsep alam semesta melalui pemutaran video luar angkasa. Planetarium Jakarta  ini adalah planetarium tertua di Indonesia, dan merupakan salah satu dari 3  wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai (Kalimantan Timur) dan Surabaya (Jawa Timur).

Lokasi Planetarium Jakarta

 

Planetarium Jakarta  beralamat di Jl. Cikini Raya No. 73 Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta (Telp. 021-2305146). Kami tiba di hari Sabtu pukul 09.00 WIB. Saat itu belum banyak pengunjung yang datang, mungkin karena pertunjukan baru dimulai pukul 10.00 WIB. Pada pukul 09.30 WIB barulah pengunjung mulai berdatangan, dan kamipun segera antri untuk membeli tiket.

Antrian tiket Planetarium Jakarta
Antrian tiket

Setiap pertunjukan dibatasi hanya untuk 200 orang. Ada sebuah layar di dinding bagian atas ruangan loket yang menunjukkan jumlah tiket pertunjukan yang tersisa. Jika kehabisan tiket, maka pengunjung harus menunggu sesi pertunjukan berikutnya.

Countdown kuota tiket di Planetarium Jakarta
Countdown sisa tiket

Harga Tiket dan Jadwal Pertunjukan

Harga tiket masuk Planetarium Jakarta sangatlah terjangkau. Untuk pengunjung dewasa, tiket masuk dijual seharga Rp7000,00 dan untuk anak-anak, tiket dijual seharga Rp 3500,00.

Loket tiket planetarium jakarta
Loket tiket

Pertunjukan dibuka hampir setiap hari pada waktu-waktu tertentu, dengan jadwal sebagai berikut (selengkapnya dapat dilihat di situs Planetarium):

Rombongan:

  • Selasa-Kamis: 09.30, 11.00, dan 13.30
  • Jum’at: 09.30 dan 13.30

Perorangan atau umum:

  • Selasa-Jum’at: 16.30
  • Sabtu-Minggu : 10.00, 11.30, dan 13.00

Hari Senin TUTUP

Suasana Pertunjukan

Pintu pertunjukan dibuka tepat jam 10.00 WIB. Ruang pertunjukan mirip dengan bioskop, namun dengan posisi layar video diatas kepala pengunjung. Kursi pengPertunjukan berdurasi kurang lebih 60 menit, menampilkan benda-benda luar angkasa seperti matahari, planet, galaksi, dan rasi bintang. Sepanjang pemutaran film, ada suara pemandu yang menjelaskan mengenai gambar dan video yang sedang ditayangkan.

Kalau penasaran, langsung saja kunjungi Planetarium Jakarta. Jika sudah pernah ke planetarium, dan penasaran ingin melihat teropong angkasa tertua di Indonesia, mampir juga ke kompleks Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung.

Komentar Anda